Tips Membuat Resume / CV yang Menarik (1-3)


Malam ini ketika saya mencari barang digudang, mata saya terhenti pada sebuah buku yang dulu menjadi referensi saya dalam mencari kerja. Buku yang diterjemahkan dari buku aslinya "1000 Best Job Hunting Secrets", 1000 Cara Sukses Mencari Kerja karya Diane Stafford dan Moritza Day, ini sangat aplikatif. Dan saya ingat beberapa hal dalam buku ini menjadi referensi saya. Buku ini membahas dari mulai mempersiapkan resume / CV, merencanakan pencarian kerja, mempersiapkan diri dalam tes kerja sampai wawancara. 
Tulisan akan saya bagi menjadi beberapa bagian. Pada tahap awal ini saya akan membahasa tentang bagaimana membuat resume / CV yang menarik.
Orang - orang berdebat tentang apa yang seharusnya menjadi bagian dari sebuah resume, banyak pendapat, namun yang pasti sebuah resume yang menarik dapat memisahkan calon pekerja dari banyak calon pekerja lain dan membawanya selangkah lebih dekat ke pekerjaan yang diinginkan. 

Letakkan kekuatan kita dibagian depan (1)
Tulislah sebuah ringkasan pernyataan atau daftar kualifikasi/ ketrampilan. Nilai jual ini merupakan bagian terpenting yang harus kita katakan dalam keseluruhan resume kita. Jangan kubur bagian ini dibagian akhir, karena tujuan kita adalah ingin membuat HRD KO dengan profil kita. Jika punya sasaran pekerjaan yang terkait dengan posisi yang dilamar, sampaikan. 

Sesuaikan resume kita dengan posisi yang ditawarkan (2)
Jika kita seorang tradisional yang tidak dapat menolak menuliskan sebuah sasaran pekerjaan, benahilah agar sesuai dengan posisinya. Sasaran dan resume yang umum tidak menambah nilai apapun bagi HRD. 

Buat daftar ketrampilan (3)
Sadarilah bahwa daftar ketrampilan akan membantu apabila kita adalah salah satu dari pencari kerja berikut : 
- Memiliki satu set ketrampilan yang mengagumkan
- Ketrampilan melebihi apa yang kita kerjakan
- Ketrampilan digunakan secara luas dan sempurna pada posisi yang berbeda
- Ingin mengirimkan resume ke banyak situs pencari kerja
- Bentuklah resume dalam urutan kronologis terbalik
- Seorang eksekutif atau calon pegawai kelas tinggi dalam bidang anda

Silahkan dicoba dulu step 1- 3 ini, sebelum dilanjutkan ke tips berikutnya. Salam. 


No comments:

Post a Comment